Sunday, April 17, 2011

Manusia Dan Harapan

Harapan merupakan sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan yang diinginkan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup.. Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa. Karena usaha dan doa merupakan sarana terkabulnya harapan.

Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang dilangit sekalipun. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu :
  1. keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud,
  2. Pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih   baik atau meningkat.

Setiap manusia pasti memiliki harapan cita-cita yang ingin terwujudkan. Itu semua adalah wujud dari cita-cita, keinginan dan proses, yang didalamnya terdapat tiga pilar agar manusia menjadi lebih baik, sejahtera, dan sukses. Semuanya itu bersangkutan dengan suatu impian, tidak peduli seberapa besar impian yang dimiliki. Manusia juga memiliki impian yang berbeda-beda. Suatu harapan mustahil terwujud apabila kita tidak mau berusaha untuk mencapainya, kita harus bisa mewujudkan semua harapan dan impian yang kita ingin kan walupun banyak hal yang menghalanginya karena  halangan dan tantangan merupakan suatu proses bahwa kita benar-benar berusaha untuk mewujudkan harapan yang kita inginkan.


Ilmu Budaya Dasar
M.Dudy Saputra
17110169 / 4KA18



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Manusia Dan Harapan"

Post a Comment