Thursday, April 8, 2010

Mekanisme komunikasi PC dengan server

       


Dalam tulisan ini saya membahas tentang mekanisme komunikasi komputer antara PC dengan menggunakan server, gambar diatas menunjukan skema dari mekanisme komunikasi tersebut. Langsung saja menuju ke topik pembahasan.

  • Sumber (Resource) : PC
  • Media Transmisi : Cable UTP, Switch, Kartu Jaringan
  • Penerima (Receiver) : PC,Server 
  •  Yang dikirimkan  : Data

Uraian  Mekanisme :
  1. Data dikirimkan dari penyimpanan memory ke kartu jaringan pada PC yang akan mengirimkan data ke PC yang lain, sebelum dikirimkan , kartu jaringan tersebut sebelumnya harus di singkronikasikan dengan PC yang lain dan server, agar semua nya dapat terkoneksi . Untuk mengsinkronisasikan antara PC dengan PC yang lain dan server , pada kartu jaringan setiap PC harus dilakukan konfigurasi IP adress dan default gateway. IP setiap PC harus satu kelas atau dan default gateaway harus menggunakan ip dari server yang akan kita gunakan.
  2. Untuk mengetahui apakah PC yang saling terkoneksi tersebut terkoneksi dengan server, kita harus melakuan perintah ping, perintah ping digunakan untuk mengetahui apakah antar Pc dengan server telah terkoneksi. apabila setelah kita melakukan perintah ping, ada balasan berupa reply, maka koneksi nya telah berjalan dengan lancar.
  3. Setelah kita melakukan konfigurasi di setiap PC , sekarang kita melakukan konfugurasi di server , di server kita memasukkan IP adress , dan alamat DNS untuk terkoneksi internet.
  4. Setelah semua terkoneksi , data yang dkirimkan dari PC yang mengirimkan data ke kartu jaringan PC tersebut ,dari kartu jaringan data diteruskan ke switch melalui kable UTP dan data tersebut dikirimkan ke server dan dari server dikirimkan kembali ke switch dari switch dikirimkan ke PC yg mnegrimkan data tersebut, ini merupakan mekanisme untuk terkoneksi internet di PC, dan untuk mekanisme PC ke PC , data dikirimkan ke kartu jaringan lalu diteruskan ke switch memalui media cable UTP dan dari switch mengirimkan data tersebut ke PC yg merequest data melalui media kable UTP dan diteruskan ke kartu jaringan dari kartu jaringan tersebut data lalu di tampilkan ke tampilan output PC yg merequest data. Komunikasi ini bisa terjadi dua arah, arti dari dua arah tersebut PC yg menerima data bisa mengirimkan data ke PC yg mengirimkan data.

Sekian tulisan dari saya ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Mekanisme komunikasi PC dengan server"

Post a Comment